Selasa, 15 Oktober 2013

Sejarah Origami / Seni Melipat Kertas - Budaya Jepang

            Seiring pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan jaman, semua serasa mudah dan serba instant. Apa yang kita harapkan dan kita inginkan akan cepat terwujud (asal ada uang :D). Apalagi kemajuan telemunikasi dan transportasi adalah salah satu pendukung utama yang sangat menonjol dalam kebutuhan sehari-hari kita. Tak ubahnya seperti sulap "Bim-Salabim... Cling***" dalam sekejap keinginan kita langsung terwujud, Sepeda Jepang udah ada di Indonesia, Mobil-mobil Eropa juga uda banyak mangkal di Jakarta, Kebanyakan orang uda pegang Android + BB lengkap sama Tablet'nya juga tuh, (tapi sampe sekarang penulis masih belum punya tuh "Ngiri..."). Dunia semakin terasa kecil dan dalam sekejap pun kita sudah bisa ada di Cina, Jepang, Amerika. Ibaratnya dunia dalam genggaman. [Tapi Gak terasa, nih penulis udah nyampe di Jepang dapat undangan dari si Mr. Gundam] :D.

            Tapi tidak semuanya serba Instant dan langsung jadi, salah satunya seperti gambar di bawah ini Sob. Siapa sangka ini adalah mainan Robot kertas (Origami). Origami sendiri berasal dari Jepang. "menurut yang penulis dengar Origami artinya Melipat Kertas, ori yang artinya melipat dan Kami yang artinya kertas. Sejarah melipat kertas atau origami di percaya bermula sejak manusia mulai memproduksi kertas. Pertama kali kertas produksi kertas di Tiongkok (Cina) pada abad pertama tepatnya 105 M dan diperkenalkan oleh Ts’ai Lun. Kemudian pada abad keenam, cara pembuatan kertas itu dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab dan ke Jepang (610 M) oleh seorang biksu Budha bernama Doncho (Dokyo) yang berasal dari Goguryeo (semenanjung Korea). Dia memperkenalkan kertas dan tinta di Jepang pada masa pemerintahan Kaisar wanita Suiko. Sejak saat itu, origami menjadi populer di kalangan orang Jepang sejak turun-temurun. Origami menjadi satu kebudayaan orang Jepang dalam keagamaan Shinto. Untuk lebih lengkapnya sejarah Origami baca ini >>>"Sejarah Origami"


Origami Robot Gundam





Origami Black Dragon

Origami White Dragon


Origami Robot Gundam cewek :D

Origami Robot Milenium

Origami The Tiger

Buat Sobat-sobat yang pengen atau penasaran, bisa langsung mencoba di rumah masing-masing, soalnya kalo yang ini gk bisa di Impor dari Jepang Sob hehehe... Sobat bisa mencari model dengan cara Browsing aja di Mbah Google dengan Kata kunci "Origami template Printable".

Semoga Artikel ini dapat memberi manfaat bagi Sobat-sobat skalian. Slamat berkreasi!!!

2 komentar:

  1. Wah infonya sangat bermanfaat sekali gan. izin nyimak ya gan dan jangan lupa update terus artikelnya. Oh iya sob, kapan-kapan saya akan mampir lagi jika ada waktu luang. hehehehehe. jangan lupa di update terus ya blognya.
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih banyak gan atas kunjungannya, ni lagi blajar2 bikin blog. untuk sementara jarang update karena kerjaan lagi numpuk... cari cuan dulu gan :D

      Hapus