Selasa, 22 Oktober 2013

Styrofoam / Gabus - Ukiran Sapi (Sapi Brahman)

Sapi Styrofoam / Gabus (Sapi Brahman)
Bisnis Kerajinan ukir berbahan Styrofoam / Gabus bagi beberapa kalangan sangat menjanjikan, dimana keuntungan dari kerajinan ini sampai 150% dari modal. Pesanan kerajinan ini kebanyakan di pesan untuk hari-hari tertentu saja, seperti hari raya Idul Fitri, HUT RI, Natal, dan hari perayaan lainnya.

Pemesan kebanyakan datang dari kalangan Instansi, dari Bank, Hotel, Instansi Pemerintah dan banyak lagi instansi lainnya. Ada juga dari kalangan perorangan, biasanya pemesanan untuk dekorasi pernikahan dan acara Ulang tahun.

Pembuatan Ukiran Styrofoam atau gabus ini tidak banyak membutuhkan keahlian khusus, yang penting kita harus Telaten dan Teliti dan juga siap peralatan dalam pemembuatannya. Untuk prakteknya cobalah membuat ukiran 2 dimensi, seperti bentuk ukiran jendela atau bentuk-bentuk 3 dimensi yang diameternya kecil. Yang terpenting sobat harus terus mencoba dan jangan putus asa...

Bedug Styrofoam / Gabus
Beberapa peralatan yang di butuhkan:
  • Pemotong Styrofoam / Gabus listrik = Rp. 35.000,-
  • Cutter / Pisau Pemotong + Isinya     = Rp. 15.000,-
  • Parut yang halus (Alat dapur)          = Rp. 10.000,-
  • Kertas Ampelas ukuran 320m         = Rp.   3.000,- / lembar
  • Finishing (Semen dan Cat)               = -
Carilah contoh sederhana untuk di buat praktek, seperti tulisan "SELAMAT ULANG TAHUN" untuk belajar, buatlah tulisannya dulu atau dengan cara di print, lalu di mal atau di blat pada bahan gabus dengan cara di tempel menggunakan double tape atau di tandai dengan pensil atau spidol yang bukan berbahan minyak, seperti spidol snowman warna. Kesulitan biasanya pada cara pemotongan tepinya, usahakan tetap stabil dan halus. 

Setelah itu tulisan tersebut jadi sekarang tinggal finishinnya. Sobat bisa langsung menge-cat atau di semen terlebih dahulu. Jika sobat ingin tekstur Gabusnya hilang caranya sangat mudah, gunakan amplas untuk menghaluskan, tapi hati-hati jangan menggosok terlalu kuat, di kuatirkan karena styrofoamnya muda cuil. Jika media kerajinan Gabusnya cukup besar seperti sapi di atas, sobat bisa menghaluskannya langsung dengan parut (alat yang biasanya untuk memarut kelapa) supaya cepat, lalu di ampelas halus.

Semoga Artikel ini dapat membantu sobat dalam berkreasi, teruslah mencoba dan jangan putus asa. Jika ada sesuatu yang kurang paham dari Kerajinan ukir berbahan Styrofoam / Gabus bisa langsung di comment d bawah. Selamat berkreasi Sob!!!

Dekorasi Bedug dan Pohon Kurma Styrofoam / Gabus Ramadhan

Dekorasi Pintu / Gate Kubah Styrofoam / Gabus Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar